اهلا و سهلا بكم

Assalamu'alaikum,,,hi sobat selamat datang di blog sederhana ini. Dalam blog ini aku akan post beberapa artikel dan makalah-makalah ataupun cerpen yang aku harapkan insya Allah bisa memberi manfaat untuk kita semua...Salam perubahan kepada yang lebih baik!!!

Rabu, 22 Mei 2013

PENTINGNYA PENDIDIKAN AKHLAK DAN PENERAPANNYA



PENTINGNYA PENDIDIKAN AKHLAK
DAN PENERAPANNYA
الحمد لله الذي جعل الإسلام دين الفطرة، أحمده سبحانه وأشكره على كل خير وفضل ونعمة. وأشهد أن لا اله إلا الله وحده لا شريك له جلي لنا عاقبة الظالمين لتكون خير عبرة. وأشهد انّ سيدنا ونبينا محمدا عبده ورسوله اكرمه الله بحسن الخلق زالخلقة. فحث على اكرام الوالدين وحسن العشرة. صلى الله علي سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أولى النهى والحكمة.
أما بعد: أوصيكم بتقوى الله، فإن من اتقاه وقاه، ومن سار على نهجه نجاه، ومن شكره زاده، قال تعالى: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ. وقال النبي صلى الله عليه وسلم: إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق.
Kaum muslimin jama’ah jum’at yang dirahmati Allah
Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT., yakni dengan senantiasa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Ketahuilah bahwa martabat takwa itu sangat teramat tinggi daripada martabat-martabat lainnya. Oleh karena itu orang yang bertakwa adalah orang yang benar-benar tergolong dalam umat yang beruntung, baik di dunia maupun di akhirat.

Kaum muslimin jama’ah jum’at yang dirahmati Allah
Empat belas abad yang lalu, Rasulullah Saw. diutus dan diperintahkan oleh Allah SWT. agar menyempurnakan akhlak manusia. Sebab hanya dengan akhlak mulia seseorang akan meraih kemuliaan dan derajat yang luhur. Karena rasulullah diutus sebagai rahmat bagi sekalian alam dan teladan bagi seluruh umat manusia, maka beliau pun memiliki akhlak yang begitu mulia. Bukankah Allah telah menegaskan, bahwa dalam diri Rasulullah Saw. terdapat teladan yang amat baik? Perihal pernyataan dan peringatan Allah SWT. tentang akhlak mulia telah banyak diungkapkan dalam al-Qur'an, di antaranya adalah:
وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ
“Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) adalah benar-benar memiliki budi pekerti yang agung.” (QS. Al-Qalam: 4).
وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ
“Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imran: 159)
Kaum muslimin jama’ah jum’at yang dirahmati Allah
Selain kedua ayat di atas, masih banyak ayat-ayat lain yang menyebutkan tentang pentingnya berakhlak mulia. Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kadar keimanan seseorang dapat ditolok ukuri dari akhlaknya. Semakin baik akhlaknya, berarti semakin sempurna imannya. Rasulullah Saw. telah menegaskan hal tersebut pada hadis berikut.
عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم أكمل المؤمنين إيمانا أحسنهم خلقا وخياركم خياركم لنسائهم خلقا
Dari Abu Hurairah ra, dia telah berkata: Rasulullah Saw. telah bersabda: “Orang-orang beriman yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan orang yang paling pilihan di antara kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya terhadap istrinya.” (HR. Tirmidzi)
Kaum muslimin jama’ah jum’at yang dirahmati Allah
Di zaman modern yang serba canggih saat ini, di mana ilmu pengetahuan telah jauh berkembang dari masa-masa sebelumnya. Manusia berlomba-lomba menunjukkan kemajuan negaranya dengan keanggihan teknologi yang dimilikinya. Namun sayang sungguh sayang, di balik segala kehebatan kehebatan tersebut, banyak kasus yang amoral yang terjadi. Manusia telah jauh dari sikap kemanusiaannya, perbuatan mereka lebih mendekati kepada sifat-sifat yang dimiliki oleh binatang, bahkan mungkin lebih hina.
Hal ini nampak jelas dengan banyaknya kasus perzinaan yang terjadi di hampir seluruh tingkatan usia. Dan yang lebih fatal lagi adalah kehidupan free seks sudah menjadi bumbu penyedap bagi kehidupan remaja-remaja di negara kita. Mereka akan menganggap diri mereka sebagai pemuda yang katro, tidak gaul, ndeso, jika mereka tidak pernah merasakan yang namanya free seks saat mereka masih di bangku sekolah.
Dan krisis moral yang tengah melanda umat manusia saat ini, telah menimbulkan berbagai persoalan yang sangat pelik. Dari perbuatan free seks saja misalnya, berdampak pada banyaknya kasus pembunuhan terhadap bayi-bayi yang lahir dari hubungan haram. Pembunuhannya pun beragam ada yang dibunuh ketika ia telah terlahir ke muka bumi dengan cara dilempar ke sungai, atau menguburnya hidup-hidup. Sungguh persis apa yang telah mereka lakukan tersebut dengan perbuatan orang-orang jahiliyah sebelum kedatangan Nabi Muhammad Saw. selain itu ada pula bayi yang dibunuh sebelum mereka berwujud bayi yang utuh, dengan kata lain bayi tersebut diaborsi dengan cara yang sangat kejam.
Kaum muslimin jama’ah jum’at yang dirahmati Allah
Baru beberapa minggu yang lalu, anak-anak kita yang duduk di bangku sekolah menengah atas telah melewati ujian nasional. Di mana ujian nasional yang dilaksanakan secara serentak hampir di seluruh wilayah di Indonesia ini dianggap sebagai penentu kesuksesan pendidikan di Negara kita.
Mereka yang berhasil lulus UN telah dianggap berhasil menempuh pendidikan selama di bangku sekolah. Namun ternyata hal tersebut tidaklah mutlak kebenarannya. Karena dari sekian banyak anak yang mengikuti UN dan berhasil lulus dengan standar yang ditetapkan, masih banyak yang berperilaku layaknya seperti orang yang tidak berpendidikan. Sebagai contoh, di kota-kota misalnya, begitu para siswa dan siswi tersebut melihat nama mereka tertulis pada daftar peserta UN yang lulus, maka dengan sangat gembira dan merasa hebat mereka mewarnai diri mereka dengan cat semprot sepuas-puasnya.
Begitukah moral anak-anak bangsa kita? Sungguh ironis memang, ketika mereka telah dinyatakan lulus, bukannya menjadi putra-putri bangsa yang baik moralnya, malah menjadi remaja yang buruk akhlaknya.
Kaum muslimin jama’ah jum’at yang dirahmati Allah
Untuk itulah, sepatutnya kita tidak hanya menggantungkan pendidikan putra-putri kita pada bangku sekolah. Karena sekolah tidak sepenuhnya menjamin untuk kebaikan mereka. Bahkan mungkin mereka tidak mendapatkan pendidikan moral yang cukup demi kebaikan mereka. Mereka hanya dididik untuk meningkatkan kemampuan intelegensinya saja, tanpa adanya pemberian nutrisi spiritual yang sebenarnya lebih urgen. Sebagai orang tua, merekalah yang memiliki kewajiban utama dalam mendidik anak-anaknya. Oleh karena itu, utamakan lah pendidikan akhlak mereka. Mulai lah contoh-contoh yang baik kepada mereka di dalam keluarga, karena lingkungan keluarga sangat berperan dalam membangun karakter anak-anak sejak mereka berusia dini.
Dan sepatutnya pula untuk mengarahkan dan membimbing anak-anak kita dalam menerapkan pendidikan moral yang mereka dapatkan di bangku sekolah. Sehingga teori yang mereka dapatkan di sekolah tidak menjadi tulisan dan hafalan dalam kepala belaka, akan tetapi menjadi sesuatu yang nyata dalam kehidupan mereka. Jika hal tersebut kita laksanakan, maka insya Allah anak-anak kita akan menjadi pribadi yang terbiasa dengan akhlak yang luhur.
Demikian khutbah Jum’at yang dapat saya sampaikan semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan memulai akhlak yang baik dari diri kita. Saya memohon kesudian jama’ah sekalian agar memaafkan segala kesalahan saya, karena kesempurnaan hanya milik Allah.
أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ
Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat.
بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم. وتقبل مني ومنكم تلاوته إنه هو السميع العليم. أقول قول هذا واستغفر الله لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم.
الخطبة الثانية
الحمد لله مرسل المرسلين وتخلقوا بخلق حسن لتكونوا قدوة للأمم في العالمين. أحمده على ما انعم، واَسْلَمَ لامره فيما حكم وابرم. اشهد ان لا إلا الله لا شريك له واشهد ان محمدا عبده ورسوله. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد صلى الله عليه وعلى آله منتهى الدهور. صلاة وسلاما دائمين بلا فناء ولا فتور.
أما بعد: فيا ايها الناس اتقوا الله ان امركم بأمر بدأ فيه بنفسه وثنى بملائكته وقدسه واَيَّهَ بالمؤمنين من عباده. فقال عز من قائل: إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اللهم صل على سيدنا محمد سيد المرسلين، وأنبيائك ورسلك وملائكتك المقربين، وأهل طاعتك اجمعين.
اللهم اغر للمؤمنين والمؤمنات، والمسلمين والمسلمات، إنك سميع قريب مجيب الدعوات. اللهم احفظ عليهم ودائع اديائهم واخرجهم من ضيق السجون إلى سعة اوطانهم ولا تجعلهم فتنة للظالمي. ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان وتجعل في قلوبنا غلاً للذين امنوا ربنا انك رؤوف رحيم.
عباد الله، ان الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون فاذكر الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم ولذكر الله اكبر والله يعلم ما تصنعون...

Tidak ada komentar: